bore up 1

contoh mio drag yang sudah di bore up.

bore up 2

bore up 2

bore up 3

bore up 3

bore up 4

bore up 4.

Rabu, 30 Maret 2011

Roller Skubek Warna Menentukan Bobot


Bolt On

Roller Skubek Warna Menentukan Bobot

Roller adalah sembako modif skubek. Cara paling mudah menaikkan akselerasi atau top-speed, cukup dengan mengganti roller pakai ukuran lebih enteng atau lebih berat dari standar.

Itu yang membuat Indoparts meluncurkan roller dengan berat berbeda. “Agar seting mesin sesuai dimau mekanik atau pemilik matik,” jelas Hendro Purwantoro, product development Indoparts.

Indoparts memang ingin tampil beda. Tidak seperti roller merek lain yang hanya mencantumkan berat di badan roller. Kalau sudah dipakai akan hilang tulisannya. Selanjutnya, jadi susah mengetahui beratnya.

Makanya roller Indoparts kasih warna yang berbeda. Ada merah, kuning, hijau di langit yang biru. He...he...he... Itu sih warna pelangi. Misal merah yang punya berat 7 gram, emas 5 gram atau hitam 16 gram. Kelirnya bisa dilihat pada lingkaran dalam roller. Sehingga warna tidak luntur meski sudah dipakai.

Kata Hendro juga, roller Indoparts kuat dan tahan peang. Sesuai image Indoparts yang punya kualitas di atas orisinal. “Sebab memang dibuat dari bahan kevlar,” jelas Hendro yang hitam manis itu.

Bagi yang tertarik, harganya bervariasi. Satu set 6 biji, Scoopy dan BeAT Rp 33 ribu. Skubek Suzuki Rp 52.500 dan Yamaha Mio serta Nouvo 57.500. Yang tertarik bisa lacak di toko spare-parts terdekat juga di supermarket variasi AMX.

Tips Performance Yamaha Mio


Tips Performance Yamaha Mio

Ganti Gigi Starter Yamaha Mio, Badak Untuk Mesin Bore-Up

Jakarta - Yamaha Mio memang terkenal skutik serba bisa. Dapur pacunya bisa dibore-up gede. Tidak seperti skutik lain yang punya batasan bore-up maksimum yang lebih kecil. Mio bisa sampai 350 cc lo.

Sayangnya bila menerapkan volume ruang bakar gede, ada konsekuensi yang harus dihadapi. Sebab umumnya pembesaran kapasitas berdampak tekanan kompresi ikut tinggi. Sehingga butuh motor starter yang kuat memutar kruk as bila masih tetap mau memfungsikan starter elektrik.

Itu pun masih ada risikonya lagi. “Banyak kasus pada Mio bore-up yang masih pakai starter elektrik, gigi starternya (idle gear) pada rontok (gbr.1),” bilang Benny Rahmawan dari bagian R&D PT Mitra2000 di kawasan Lodan Center, Ancol, Jakut sambil menunjukkan komponen dimaksud dari Mio bore-up drag bike milik Mitra2000.

“Beberapa kali kasus yang sama juga pernah terjadi di Mio konsumen kami yang mesinnya juga dibore-up 200–250 cc. Malah sampai 3 kali ganti idle gear,” timpal Juffry, kru Mitra2000. Sepertinya, lanjut Benny dan Juffry, gigi starter bawaan motor kekuatannya dirancang buat mesin standar atau minimal yang naik cc-nya gak banyak.

Nah, lantaran sering mendapati kejadian seperti itu, Mitra2000 akhinya coba mengembangkan idle gear yang lebih kuat (gbr.2) untuk mesin-mesin bore-up gede. Dilabel merek TDR dengan banderol Rp 175 ribu. “Saat ini sudah dipasarkan. Bisa didapat di oulet-outlet TDR di mana saja,” promosi Benny.

Jadi, buat Anda yang Mio-nya sudah dibore-up di atas 150 cc dan enggak mau mengalami gigi starter rontok, boleh jajal produk TDR tersebut. Bentuknya dijamin sama persis dengan bawaan motor. Sehingga untuk bongkar pasangnya sama kayak idle gear bawaan pabrik.

Yakni mula-mula tanggal cover CVT. Namun sebelumnya tanggalkan dulu cover bodi di bagian samping kiri dek serta foot step sebelah kiri . “Peralatan yang dibutuhkan antara lain kunci T-8 mm, T-12 mm dan obeng kembang,” tukas Cece Hermawan, mekanik bengkel Mitra2000.

Setelah cover CVT lepas, selanjutnya copot puli primer. Bila sulit mengerjakan sendiri, bisa minta bantuan bengkel yang punya peralatan lengkap. Karena untuk mencopot mur pengancing puli itu, harus pakai tracker buat menahan putaran puli atau bisa langsung pakai impact drill (gbr.3).

Kelar puli ditanggalkan, baru deh gigi starternya bisa dibongkar. Yakni dengan melepas kedua baut pengancing pelat penahannya pakai kunci T-8 mm lebih dulu (gbr.4). Lalu setelah itu tarik gigi starter keluar dan pasang lagi pakai idle gear pengganti yang sudah disediakan.

Selasa, 29 Maret 2011

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More